Kamis, Juli 25, 2024
BerandaIndexPeristiwaPelihara Kemampuan Prajurit, Kodim 0815 Mojokerto Gelar Latihan Menembak

Pelihara Kemampuan Prajurit, Kodim 0815 Mojokerto Gelar Latihan Menembak

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Upaya memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar prajurit yang ada dalam kendali operasinya terus dilakukan Kodim 0815 Mojokerto. Kali ini melalui Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbak Jatri) yang berlangsung di Lapangan Tembak Yonif Para Raider 503/MK, Kecamatan Mojosari, Kabupeten Mojokerto.

Demikian diungkapkan Dandim 0815 Mojokerto Letnan Kolonel Kav Hermawan Weharima, SH, melalui release tertulisnya, Kamis (21/03/2019) petang.

Lebih lanjut Dandim 0815 mengungkapkan, latihan menembak senjata ringan ini sebagai sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar prajurit, kendati sudah berdinas di Satuan Komando Kewilayahan, kemampuan dasar ini harus terus terpelihara.

“Latihan menembak ini merupakan keharusan bagi setiap prajurit sesuai dengan program kerja dari Komando Atas yang dilaksanakan setiap triwulan pada tahun anggaran berjalan,” tandasnya.

Para prajurit saat latihan Menembak Senjata Ringan (Latbak Jatri) di Lapangan Tembak Yonif Para Raider 503/MK, Kecamatan Mojosari, Kabupeten Mojokerto.(foto istimewa)

Sementara, Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0815 Mojokerto Kapten Arh Suminto, selaku penyelenggara kegiatan, menambahkan, Latihan Menembak Senjata Ringan pada Triwulan I Tahun Anggaran 2019 ini berlangsung selama tiga hari, dimulai hari Selasa (19/03) sampai dengan hari ini, Kamis (21/03).

“Dengan alokasi waktu tiga hari ini, diharapkan semua prajurit dapat melaksanakannya. Semisal di hari pertama berhalangan hadir karena kepentingan dinas atau sebab lain, maka dapat dilakukan di hari kedua dan hari ketiga,” ungkapnya.

Masih kata Pasiops, dalam latihan menembak ini terbagi dua materi, yakni menembak senapan laras panjang M16-A1 dan menembak pistol P1 dengan jarak dan sikap tertentu serta menggunakan sejumlah amunisi untuk latihan menembak, baik tembakan koreksi maupun tembakan penilaian sehingga tujuan dan sasaran latihan tercapai.

“Namun tentunya pihak penyelenggara kegiatan, Komandan Latihan dan Koordinator materi maupun pimpinan penembakan selalu memberikan penekanan agar semua prajurit mengutamakan faktor keamanan dengan mengikuti setiap arahan yang sudah digariskan, termasuk bila ada trouble atau kendala jangan ditangani sendiri karena sudah disiapkan Tim Harpal dari Denpal Mojokerto,” pungkasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments