Senin, April 15, 2024
BerandaIndexPeristiwaKapolda Sulteng Ambil Sumpah 134 Bintara

Kapolda Sulteng Ambil Sumpah 134 Bintara

SULTENG, Xtimenews.com – Sebanyak 134 orang Bhayangkara muda dilantik dan diambil sumpahnya menjadi anggota polri dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda), setelah sebelumnya mereka berhasil menyelesaikan pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) selama tujuh bulan sejak 7 Agustus 2018, pada Sekolah Polisi Negara (SPN) Labuan Panimba Polda Sulteng.

Prosesi pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, MSi, di lapangan upacara SPN Labuan Panimba Polda Sulteng, pada Senin (4/3). Hadir dalam acara ini pejabat utama Polda Sulteng, unsur Forkompimda serta disaksikan orang tua para bintara.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kapolda Sulteng, antara lain mengatakan, sebagai salah satu elemen terdepan dalam pengamanan Pemilu 2019, para bintara remaja harus mampu melaksanakan tugas dengan optimal. Karenanya, setiap bintara remaja harus mempersiapkan diri dengan baik serta menanamkan disiplin dan tekad yang kuat dibarengi dengan implementasi pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama menjalani proses belajar di lembaga pendidikan polri.

“gunakan dan implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang sauadara peroleh selama belajar di lembaga pendidikan polri demi keberhasilan pelaksanaan tugas,” tegas Kapolri.

Kapolda Sulteng Tinjau Prajurit yang dilantik.(foto istimewa/xtimenews)

Sebagai bekal para bintara remaja dalam melaksanakan tugas dan pengabdian, Kapolri memberi beberapa penekanan untuk menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas, yakni : tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman dalam setiap langkah pengabdian insan Bhayangkara sejati.

Kapolri juga menekankan agar para bintara remaja dalam mengemban setiap tugas harus dilaksanakan secara ikhlas dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki harus terus dikembangkan guna mendukung pelaksanaan tugas. “jangan berhenti belajar, berlatih dan menuntut ilmu,” tandas Kapolri.

Kepada bintara remaja, Kapolri mengingatkan Agar senantiasa menjaga nama baik dan kehormatan diri, keluarga dan institusi serta menghindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran kode etik profesi Polri maupun pelanggaran pidana.

“jika saudara berhasil menghindari semua pelanggaran maka saudara akan menjadi personel polri yang disiplin dan terampil dalam pelaksanaan tugas, cerdas dan memiliki wawasan akademik yang unggul serta memiliki kepribadaian yang luhur,” pesannya.

Dari 134 bintara remaja lulusan SPN Labuan Panimba tahun 2019, sebanyak 128 personel ditempatkan di Jajaran Polda Sulteng. Sedangkan 4 personel ditempatkan di satuan Densus 88 Anti Teror, serta 2. personel lainnya ditugaskan di Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri. Penempatan bintara lulusan SPN Labuan Panimba tersebut berdasarkan keputusan Kapolri nomor : Kep/428/III/2019, tanggal 2 Maret 2019, tentang penganhkatan, penggajian dan penempatan pertama siswa lulusan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri tahun anggaran 2019.

Usai upacara pelantikan dan pengambilan sumpah, para bintara remaja melakukan unjuk ketetampilan dengan peragaan teknik bela diri, pengendalian massa (dalmas), dan senam kolosal serta bongkar pasang senjata laras panjang. Kegiatan ini mereka lakukan dengan baik, cermat dan tangkas buah hasil gemblengan para instruktur SPN Labuan Panimba selama tujuh bulan.

Sementara itu, Kepala SPN Labuan Panimba AKBP Novia Jaya, SH, MSI, mengatakan, dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar di SPN Labuan Panimba tahun 2018/2019, SPN Labuan Panimba masuk dalam peringkat kelima, dibawah Sepolwan, SPN Polda Bali, SPN Polda Bengkulu, dan SPN Polda Jawa Timur. Peringkat ini merupakan hasil penilaian Lembaga Pemdidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri yang dilakukan secara serentak di 24 SPN se nusantara, melalui ujian Penilaian Secara Nasional (PSN).

“dengan masuknya SPN Labuan Panimba sebagai peringkat lima penyelenggaraan Diktukba tahun anggaran 2018/2019, berarti kualitas hasil didikan SPN Labuan Panimba cukup Bermutu dan handal Dalam mencetak bintara polri yang profesional, modern dan terpercaya,” katanya.

Sebagai catatan, dalam tahun anggaran 2018/2019, polri ketambahan personel sebanyak 7,989 personel polisi Laki-Laki (polki) dan 398 personel polisi wanita (polwan) lulusan SPNPolda, pusdik binmas, pusdik sabhara dan sepolwan, yang dilantik dan diambil sumpahnya secara serentak pada Senin (4/3).(bas/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments