Sabtu, April 27, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIMerespon Program Kapolri Polda Sulteng Tanam 15 Ribu Pohon

Merespon Program Kapolri Polda Sulteng Tanam 15 Ribu Pohon

KOTA PALU, Xtimenews.com – Sebagai tindak lanjut dari perintah Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, MSi, melalui program “Polri Peduli Penghijauan”, Polda Sulteng menggelar penanaman pohon yang dipusatkan di Mapolda Sulteng Jalan Soekarno-Hatta, kecamatan Palu Timur, pada Jumat (10/1/2020) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sulteng, Wakil Kapolda Sulteng, Dan Rem 132/Tadulako, Dan Lanal Palu, Kajati Sulteng, Ketua Pengadilan Tinggi Sulteng, Kepala BNN Sulteng, Kabinda Sulteng, Wawali Kota Palu, Anggota DPRD Sulteng, anggota TNI-Polri, ASN Pemda Sulteng, Ketua dan anggota Bhayangkari Sulteng, LSM dan warga masyarakat serta pelajar dan mahasiswa.

Menurut Kabidhumas Polda Sulteng KBP Didik Supranoto, SIk, pelaksanaan penanaman pohon di areal Mako Polda Sulteng tersebut diikuti sekitar 5.000 orang, diawali dengan apel pagi dipimpin Kapolda Sulteng Irjen Drs. Syahril Nursal, SH. MH. Dilanjutkan dengan penanaman tanaman pohon penghijauan sebanyak 15.000 pohon.

Sejak turunnya perintah Kapolri tentang pelaksanaan program “Polri Peduli Lingkungan” kata Didik Supranoto, Kapolda Sulteng langsung memerintahkan jajarannya sampai ketingkat Polsek untuk membudayakan penanaman pohon mulai Minggu (3/1/2020), baik dilingkungan kantor, asrama, rumah tempat tinggal serta tanah milik Polri yang gundul dan gersang.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Syafrik Nursal, SH, MH, dalam kesempatan ini mengatakan, gerakan program Kapolri “Polri Peduli Lingkungan” tersebut jangan hanya menanam pohon selanjutnya dibiarkan mati tapi wajib terus dipihara agar bisa tumbuh subur dan bermanfaat bagi anak cucu.

“Jangan hanya menanam pohon tapi yang lebih penting adalah memelihara, merawat agar bisa tumbuh subur sehingga bermanfaat bagi anak cucu kita,” pinta Kapolda.

Kapolda tekankan bahwa memelihara lingkungan dengan menanam pohon merupakan suatu bentuk ibadah, sebagai langkah awal dalam membangun kehidupan. Karenanya, laksanakan kegiatan ini dengan ikhlas penuh pengabdian.

“Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan penuh keikhlasan, bukan karena ingin mendapat pujian dan penghargaan,” kata Kapolda.

Jenis pohon penghijauan yang ditanam sebanyak 15.000 pohon di areal Mako Polda Sulteng tersebut adalah pohon yang bermanfaat bagi anak cucu, tinggi oksigen, memiliki batang yang kuat serta buah, masing-masing 10.000 pohon berbatang keras dan 5.000 pohon buah, yakni Mahoni, ebony, trembesi, glodogan, nangka, dan sirsak. (bas/sugeng/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments