Jumat, Oktober 25, 2024
BerandaIndexPolitikKPU Kabupaten Mojokerto Gelar Bimtek Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkada 2024

KPU Kabupaten Mojokerto Gelar Bimtek Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkada 2024

Mojokerto, Xtimenews.com – KPU Kabupaten Mojokerto melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan perhitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto tahun 2024. Digelar di Aston Hotel, Mojokerto, Jumat (25/10/2024) siang.

Kegiatan bimtek ini dibuka oleh Muslim Bukhori Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM mewakili Ketua KPU Kabupaten Mojokerto. Serta dihadiri para komisioner KPU, Ketua PPK dan anggotanya se- Kabupaten Mojokerto.

Muslim menyampaikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pilkada serentak 2024, dan bimtek ini sangat penting untuk dilaksanakan.

“Kami berharap dengan adanya bimtek ini nanti pada hari H (hari pencoblosan) sangat minim kesalahan bahkan kalau bisa tidak ada kesalahan. Serta mulai dari pemungutan suara, perhitungan sampai rekapitulasi suara bisa berjalan lancar,” tuturnya.

“Saya mohon para PPK, PPS serta KPPS jaga kesehatan dengan baik karena pilkada sudah dekat dan masih banyak kegiatan yang harus dikerjakan,”ungkap Muslim.

Lebih lanjut Muslim mengatakan, terkait dengan kinerja kita sebagai penyelenggara pilkada. Saat ini kita sudah diamati banyak orang, oleh karena itu kita harus berhati- hati dalam bekerja.

“Saya ingatkan karena pekerjaan kita sangat sensitif, kemana langkah kita diamati orang lain. Jadi berhati hatilah jangan sampai ada yang pencak silat sendiri, ayo bersama- sama kita bekerja dengan baik,” pesannya.

Masih Muslim, untuk menunjang keterbukaan kita terhadap publik lokasi rekapitulasi akan kita siapkan CCTV.

“Untuk lokasi hasil rekapitulasi di 18 Kecamatan nanti akan kita pasang CCTV sehingga bisa terkoneksi langsung dengan gedung KPU sehingga bisa dipantau secara langsung,” jelasnya.

Sementara itu, Rendy Oky Saputra Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Mojokerto menyampaikan kegiatan ini bertujuan dalam rangka memberikan gambaran umum terkait proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara yang terjadi di Tempat Pemungutan suara (TPS) dan rekapitulasi yang dimulai dari tingkat PPS.

“ Diharapkan dengan adanya isu strategis yang akan dibahas dalam bimtek ini untuk mendengar masukan dan beberapa evaluasi dari Pemilu 2024 yang lalu untuk bersama membahas berbagai kendala yang terjadi, sehingga di tanggal 27 November mendatang, proses pemungutan suara dan penghitungan yang berlaku di TPS diharapkan C-Hasil Plano sudah harus rampung di TPS,” jelasnya.

Lanjut Rendy, semua penyelenggara baik PPK, PPS harus ikut andil dalam proses tahapan pilkada khususnya di hari H (Pencoblosan). Sehingga nanti tidak ada kendala ditengah jalan.

“Diharapkan kegiatan bimtek ini dapat memperkuat kapasitas PPK dalam menyelenggarakan Pilkada 2024 yang jujur, adil, dan transparan di wilayah Kabupaten Mojokerto,” pungkas Rendy. (Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments