Kamis, September 19, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIResahkan Warga, Polres Mojokerto Kota bersama Satpol PP Berhasil Amankan Puluhan Pengamen...

Resahkan Warga, Polres Mojokerto Kota bersama Satpol PP Berhasil Amankan Puluhan Pengamen Jalanan

Mojokerto, Xtimenews.com – Mengupayakan keamanan dan kenyamanan warga, Polres Mojokerto Kota berkolaborasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar Patroli Cipta Kondisi di Kota Mojokerto. Rabu (18/09/2024)

Tim Patroli Gabungan ini diterjunkan untuk merazia pengamen yang marak di Jalan Benteng Pancasila dan Alun-alun Kota Mojokerto. Banyaknya pengamen tersebut membuat pengunjung tidak nyaman sehingga mereka mengadukannya.

“Tindakan ini karena adanya keluhan di media sosial atas sikap pengamen yang kesannya memaksa (dalam meminta) saat warga _nongkrong_, ngopi dan makan di wilayah Kota,” ungkap Kasat Samapta Polres Mojokerto Kota, AKP Anang Leo Afera, S.H.

Razia yang digelar mulai pukul 19.30 WIB sampai hampir tengah malam itu menjaring sebanyak 21 pengamen. Puluhan pengamen itu diamankan dari sekitar Alun-alun dan sepanjang Jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto.

“Total 21 pengamen yang kami amankan dari alun-alun dan Benteng Pancasila ke Mapolres Mojokerto Kota untuk dilakukan pendataan dan penindakan lebih lanjut,” ujar Anang Leo.

Puluhan pengamen itu berasal dari wilayah Balong Cangkring, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto dan 1 orang dari Madiun.

“Mereka dikenakan pasal 504 KUHP tentang Tipiring, dengan pidana kurungan paling lama enam minggu,” ujarnya.

Tak sampai di sini saja, tim Satsamapta dan Satpol PP Kota Mojokerto akan terus melakukan patroli rutin bersama untuk menjaga Kamtibmas di Wilayah Hukum. Bahkan, aparat penegakklan hukum akan menindak tegas pengamen jalanan yang kedapatan bersikap anarkis terhadap masyarakat maupun pengunjung di sekitar wisata kuliner Benteng Pancasila maupun Alun-alun Kota Mojokerto.

“Patroli rutin dengan Satpol PP seminggu sekali. Tapi kalau ada yang kedapatan (anarkis) akan langsung kami tindak tegas,” pungkasnya.(Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments