Senin, September 16, 2024
BerandaPemerintahanPj.Wali Kota Mojokerto Ajak Para Pemuda Ikut Berperan Serta Dalam Pilkada 2024

Pj.Wali Kota Mojokerto Ajak Para Pemuda Ikut Berperan Serta Dalam Pilkada 2024

Mojokerto,Xtimenews.com – Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan bahwa untuk mewujudkan sebuah negara yang kuat itu ada jembatannya.

“Untuk mewujudkan sebuah negara yang kuat itu ada bridgenya, jembatan yang paling dekat ini kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah baik Gubernur Wakil Gubernur Walikota dan Wakil walikota, Bupati dan Wakil Bupati,” kata Ali Kuncpro saat membuka acara Refleksi Kemerdekaan dan Sosialisasi yang digelar oleh DPD Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jawa Timur bersama KPU Provinsi Jawa Timur, di Sabha Kridatama Rumah Rakyat, pada Senin (12/8/2024).

Saat membuka kegiatan yang mengusung tema Peran Generasi Muda Menyongsong Pilkada Serentak Berkualitas, sosok yang akrab disapa Mas Pj ini menekankan bahwa para pemuda harus tahu bagaimana berperan serta dalam Pemilu yang merupakan ornament legal untuk membelah persepsi masyarakat.

“Saya yakin bahwa masyarakat kita sudah cukup cerdas, bijaksana. Harapan saya GMNI mampu mengedukasi masyarakat bahwa diperlukan pemimpin pemimpin yang hebat, pemimpin yang punya komitmen terhadap masyarakat kecil pemimpin yang punya gagasan yang luar biasa, pemimpin yang menjual visi misinya dan tidak menjual hanya pragmatism,” tegasnya.

Lebih lanjut Mas Pj mengatakan perpindahan ibu kota ke Penajam Paser Utara, Kalimantan akan memunculkan peradaban baru. “Kita berharap Nusantara nanti akan muncul sebuah peradaban baru yang mana betul-betul bisa membuat bangsa ini di tahun 2045 keluar dari _middle income trap_ dengan para pemuda sebagai _engine backbone_-nya,” harap Mas Pj.

Dalam kesempatan ini, Komisioner KPU Jawa Timur Divisi SDM dan Litbang Eka Wisnu Wardana mengajak para generasi muda anggota GMNI untuk berpartisipasi secara aktif untuk mengawal jalannya Pilkada serentak.

“Pantau proses Pilkada nanti mulai dari proses awal sampai nanti penetapan, kawallah proses demokrasi, kawallah proses Pilkada kali ini mulai dari awal sampai akhir mulai dari perencanaan anggaran, sampai penetapan Pasangan calon terpilih. Pantau kawal dan cermati, buat kajian, ada sedikit melenceng buat masukan kritik dan saran,” ucap Eka.

Ia menambahkan mahasiswa juga menjadi jembatan, yang mampu menberikan pendidikan politik khususnya terhadap kaum marhaen. ”Sasar sebagai sosialis, ajak mereka untuk mengerti untuk mau dan peduli pada Pilkada kali ini. Berikan pemahaman cara memilih Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Salikota, Gubernur dan Wakil Gubernur dengan tepat sesuai dengan hati nurani, bahwa satu suara menentukan 5 tahun yang akan datang,” pesannya.

Pada sosialisasi siang ini turut hadir menjadi narasumber antara lain Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Mojokerto, Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Kota Kediri serta Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kota Mojokerto. (Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments