Minggu, September 8, 2024
BerandaIndexPolitikCoklit Data Pilkada 2024 Kota Mojokerto Rampung 100 Persen Dihari Ke-18

Coklit Data Pilkada 2024 Kota Mojokerto Rampung 100 Persen Dihari Ke-18

Mojokerto, Xtimenews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto mencatat hari ke-18 (24 Juni- 11 Juli 2024) progres pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada serentak 2024 sudah 100 persen rampung.

Hal tersebut diungkapkan Penanggungjawab Divisi Perencanaan Data dan Informasi Muhammad Oggy Y.P, pada Jumat (11/7/2024).

Tercapainya target coklit di Kota Mojokerto rampung 100 persen pada hari ke-18 merupakan hasil kinerja kita bersama.

“Pengalaman saat coklit di pemilu lalu adalah dasar para pantarlih meramu cara ketika melaksanakan coklit data pemilih. Ditunjang dengan para PPS dan PPK yang selalu berkoordinasi dan siap tanggap ketika ada kendala pantarlih dilapangan,” katanya.

Oggy juga mengatakan, kita patut mengapresiasi bersama atas kecepatan coklit. “Disisa waktu 11 hari ini target kerja pantarlih, PPS, PPK, dan KPU Kota Mojokerto adalah mewujudkan kualitas data pemilih sesuai instruksi dari KPU Provinsi,” ujarnya.

Lebih lanjut Oggy menjelaskan, ada 2 strategi yang digunakan KPU Kota Mojokerto bisa melaksanakan coklit lebih cepat.

“Pertama kita mengejar kuantitas hasil coklitnya dengan membuat formulasi- formulasi teknis lapangan sesuai kondisi pemilih ditiap TPS. Kedua, setelah kuantitas coklit sudah kita dapatkan, kita berkoordinasi dengan PPK dan PPS untuk merumuskan mengejar kualitas hasil coklit yang dilakukan pantarlih,” jelasnya.

Ia menuturkan, selama pantarlih melaksanakan coklit pasti ada kendala walapun PPK dan PPS sudah merumuskan solusi atas kendala yang sering terjadi dilapangan. Seperti adanya data pada KK salah 1 warga yang tidak sesuai antara kelurahan dan kecamatannya, dan adanya warga yang mempunyai 2 kartu kependudukan.

“Alhamdulillah semua mampu kita tanggulangi dengan berkolaborasi bersama Dispendukcapil Kota Mojokerto. Terkait kesesuaian prosedur adalah tuntutan mutlak yang harus dilakukan pantarlih,” tegas Oggy.

“Kami dari KPU kota Mojokerto selalu memonitoring kebawah secara periodik, para PPK dan PPS serta selalu mengontrol kesesuaian prosedur coklit dari pantarlih ditiap harinya,” tambahnya.

Ia berharap tahapan coklit ini tidak ada penduduk Kota Mojokerto yang tidak terdata pemilih, akurasi serta kesesuaian data hasil coklit oleh pantarlih.

“Kami sangat terbuka ketika ada penduduk baru yang ingin melaksanakan hak pilihnya di Kota Mojokerto, walaupun kemarin sudah tercoklit dikota lain,” ungkapnya.

“KPU mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Kota Mojokerto ikut berpartisipasi untuk suksesnya COKLIT Pilkada 2024,” pungkas Oggy. (Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments