Selasa, April 30, 2024
BerandaPemerintahanMalam peringatan Nuzulul Qur'an 1445 H Di Masjid Baitul Mukminin Jombang

Malam peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H Di Masjid Baitul Mukminin Jombang

Jombang,Xtime news.com – Pj Bupati Jombang Sugiat didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Yayuk Sugiat, Forkopimda beserta istri, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo, Ketua DWP Kabupaten Jombang dan pejabat lingkup Pemkab Jombang, Ketua Baznas Kabupaten Jombang, Ketua Ormas Islam, Takmir Masjid Agung Baitul Mukminin mengikuti Pengajian Umum dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an 1445 Hijriyah di masjid Agung Baitul Mukminin Jombang pada Kamis (28/3/2024) malam.

Pengajian Umum yang mengusung tema “Dengan Peringatan Nuzulul Qur’an Kita Petik Hikmahnya Untuk Kekuatan Iman Dan Taqwa” ini menghadirkan penceramah KH. Ma’ruf Khozin (Ketua Fatwa MUI Jawa Timur).

Dalam sambutannya Pj Bupati Jombang Sugiat S.Sos, M.Psi,T menyampaikan bahwa Nuzulul Qur’an merupakan salah satu momentum yang sangat istimewa dalam sejarah umat Islam, di mana Allah SWT menurunkan firman-Nya kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk dan cahaya bagi umat manusia.

“Dengan memperingati Nuzulul Qur’an, kita diingatkan akan pentingnya menghayati serta mengamalkan ajaran suci Al-Qur’an sebagai pedoman dan sumber inspirasi dalam kehidupan sehari-hari”, tuturnya.

Pada momentum tersebut Pj Bupati Sugiat mengajak para jamaah yang hadir untuk senantiasa meningkatkan kualitas ibadah, keimanan, dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dengan memperbanyak amal kebaikan dalam berinteraksi dengan sesama.

Seiring jelang datangnya momentum Idul Fitri, tak lupa putra daerah asal Dusun Kalongan Desa Japanan Kecamatan Gudo ini juga mengingatkan warga yang hendak mudik untuk senantiasa memperhatikan himbauan pemerintah terkait mudik tahun 2024. Menurutnya kesejahteraan dan keselamatan keluarga adalah prioritas utama. “Mari kita patuhi aturan dan himbauan yang dikeluarkan terkait perjalanan mudik guna mencegah terjadinya kecelakaan. Selalu perhatikan keamanan dan kenyamanan. Periksa kelayakan kendaraan pribadi, serta patuhi aturan lalu lintas”, tuturnya.

Pun demikian dengan keamanan rumah saat ditinggal mudik. Pj Bupati Sugiat mengingatkan warga untuk memastikan rumah yang ditinggalkan benar benar

dalam keadaan aman, terutama mengecek alat-alat yang menggunakan listrik, gas elpiji, serta memberitahu tetangga dan melapor kepada RT sebelum meninggalkan rumah.

“Selanjutnya, apabila terdapat perbedaan dalam penetapan 1 Syawal 1445H nanti, Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jombang untuk tetap menyikapinya dengan bijak, dengan tetap menjaga kerukunan serta menghormati perbedaan pendapat dalam semangat saling menghargai dan toleransi antar sesama”, himbaunya.

“Mari kita senantiasa menguatkan semangat persatuan dan kesatuan, baik di antara masyarakat maupun pemerintah, untuk terus bersama-sama membangun kehidupan yang harmonis dan damai. Hal ini sangat penting guna memperkuat fondasi kebangsaan dan kerukunan antar umat beragama, yang menjadi kekayaan dan keistimewaan Kabupaten Jombang. Dengan begitu, kita dapat mengatasi berbagai tantangan yang akan datang”, pungkasnya.( Arya )

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments