Kamis, Mei 16, 2024
BerandaIndexTNI & POLRISawah Tadah Hujan, Babinsa Koramil Jetis Dampingi Petani Alirkan Air Sumur Bor

Sawah Tadah Hujan, Babinsa Koramil Jetis Dampingi Petani Alirkan Air Sumur Bor

Mojokerto,Xtimenews.com – Babinsa Koramil 0815/07 Jetis Kodim 0815/Mojokerto Serma MUhammad Setyo Budi terjun langsung ke sawah melakukan upaya pendampingan petani padi di Desa Perning, Kacamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023).

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan, harapannya dengan mendampingi percepatan tanam produksi padi milik warga binaannya, Sujak yang memiliki sawah seluas 0,5 hektar.

Dikatakannya, Desa Perning yang menjadi wilayah binaannya merupakan daerah pertanian dengan didominasi persawahan yang cukup luas sehingga melibatkan banyak kelompok tani, salah satu diantaranya Poktan Tani Jaya yang berada di Desa Perning.

“Tanaman padi milik Pak Sujak ini memasuki usia 15 hari pada minggu ke-4 di Bulan Desember 2023, dengan menggunakan benih jenis Inpari 42, dan tekhnis penanamannya dilakukan secara manual sistem ubin”, jelas Babinsa.

Menurutnya, apabila lancar usia panen diperkirakan sekitar 115 hari ke depan, tepatnya pada Bulan April 2024. “Beberapa kendala yang dirasakan para petani saat ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, ditambah dengan pengairan sistem tadah hujan yang sangat tergantung dengan curah hujan, sehingga untuk mengatasinya menggunakan sumur bor”, ungkap Babinsa.(Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments