Senin, Mei 6, 2024
BerandaIndexTNI & POLRICegah Bencana & Jaga Ekosistem, Kodim Mojokerto Bareng Stakeholder Tanam 1.500 Pohon

Cegah Bencana & Jaga Ekosistem, Kodim Mojokerto Bareng Stakeholder Tanam 1.500 Pohon

Mojokerto,Xtimenews.com – Kodim 0815/Mojokerto bersama instansi terkait yakni Forkopimcam, Perhutani, Relawan dan warga melaksanakan aksi tanam 1.500 pohon di Blok Pogak RPH 07 Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Kamis (07/12/2023).

Danramil 0815/16 Pacet, Kapten Czi M. Saikhu Anwar, saat memimpin apel kegiatan mengatakan, tujuan dari penanaman pohon ini untuk mencegah bencana banjir dan tanah longsor serta mengoptimalkan fungsi hutan sebagai sumber oksigen.

Lebih lanjut Kapten Saikhu menjelaskan bahwa di musim kemarau yang panjang banyak terjadi bencana alam kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Penanaman pohon ini juga untuk menjaga ekosistem dan keseimbangan alam karena alam merupakan sumber utama kehidupan. Penanaman pohon ini, lanjutnya, merupakan kontribusi kita untuk mencegah terjadinya bencana alam banjir dan longsor di musim penghujan. – “Dengan adanya penanaman pohon ini diharapkan fungsi hutan juga menyediakan berbagai hal seperti kayu, kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya seperti penghasil oksigen, tempat wisata dan konservasi keanekaan ragam hayati.”, pungkas Kapten Saikhu.

Pantauan di lapangan aksi penanaman pohon ini melibatkan tak kurang dari 100 personel terdiri dari anggota Koramil jajaran Kodim 0815/Mojokerto, Forkopimcam Pacet, BKPH Pacet, Anggota Tahura Raden Soerjo Pacet, LMDH Pesona Alam Lestari Desa Padusan, Relawan Welirang dan Relawan LPBI NU Pacet serta warga setempat.

Aksi tanam 1.500 pohon jenis cemara, eucalyptus dan tutup puso ini dihadiri Sekcam Pacet, Agus Sudarisman, Kapolsek Pacet diwakili Aipda Nur Ali, Ka UPT 07 Tahura Raden Soerjo Pacet Saiful, Asper Perhutani BKPH Pacet, Priyono, Kades Padusan, dan Hj. Iriyani Muarifah. (Pendim 0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments