Jumat, Mei 10, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBabinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Masuk Sekolah Beri Edukasi Pengenalan Pancasila

Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Masuk Sekolah Beri Edukasi Pengenalan Pancasila

Mojokerto,Xtimenews. com – Babinsa Kedunglengkong Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815/Mojokerto Koptu Sunaryo melaksanakan kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan (Bin Wasbang) di SDN Kedunglengkong, Desa Kedunglengkong, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan ini merupakan peran Babinsa di wilayah binaan dalam membantu pihak sekolah memberikan edukasi pendidikan khususnya pengenalan pancasila dan sejarah perjuangan bangsa. Hal itu disampaikan Koptu Sunaryo saat ditemui usai pelaksanaan kegiatan.

“Hari ini kami memberikan pengenalan dasar tentang Pancasila dan menjelaskan satu persatu dari lima sila didalamnya”, ujarnya.

Harapan dari kegiatan ini, lanjutnya, agar generasi penerus ini bisa memahami akan sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Semangat perjuangan para pendahulu kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan harus terus bergelora dari generasi ke generasi yang notabene sebagai penerus bangsa dan itu menjadi tugas kita semua”, terangnya.

Pada kesempatan tersebut, dihadapan 23 siswa-siswi kelas enam SDN Kedunglengkong, Koptu Sunaryo juga menjelaskan arti dan makna lambang burung Garuda. “Burung Garuda itu melambangkan kekuatan dan warna keemasan itu simbol kejayaan, jumlah pada masing-masing sayapnya ada 17 yang melambangkan tanggal kemerdekaan”, jelasnya.

Kalau Garuda Pancasila itu sendiri, terdiri dari tiga komponen, yaitu Burung Garuda berwarna keemasan, Perisai berisi sila-sila pada Pancasila dan Pita Putih yang bertuliskan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika”, tambahnya.

Tampak hadir dalam kegiatan Kepala Sekolah SDN Kedunglengkong, Dewi Suudah, S.Pd., M.Pd., didampingi guru pendamping, Titik Restuningsih. (Pendim0815/Mjk/Tin)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments