Minggu, April 28, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBersama Kapolresta, Dandim 0815/Mojokerto Pantau Pengamanan Gereja

Bersama Kapolresta, Dandim 0815/Mojokerto Pantau Pengamanan Gereja

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., bersama Kapolres Mojokerto Kota AKBP Deddy Supriadi, S.I.K., M.I.K., memantau langsung pelaksanaan Misa Perayaan Kenaikan Isa Almasih di sejumlah Gereja di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (13/05/2021).

Kegiatan pemantauan gereja dilakukan Dandim 0815 dan Kapolresta seusai pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto. Turut serta bersama rombongan Dandim 0815 dan Kapolresta, yakni Pabungdim 0815 Mayor Inf Nuriman Siswandi, para Perwira Staf Kodim 0815, Wakapolresta Kompol Iwan Sebastian, S.ST., M.H., beserta para PJU Polres Mojokerto Kota.

Gereja Allah Baik di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 7 Kelurahan Jagalan Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto, menjadi sasaran pertama Dandim 0815 dan Kapolres Mojokerto Kota.

Kedatangan Dandim 0815 dan Kapolresta di lokasi tersebut, disambut hangat Pendeta Samuel Hosea, M.Th., dan Pengurus Gereja serta 300-an Jema’at yang sedang melaksanakan Ibadah Peringatan Kenaikan Isa Almasih. Tampak pula Kapoksekta Magersari Kompol Samsul Muarif, S.H., M.H., dan Danramil 0815/19 Magersari Kapten Arh Supriyono yang sedang memimpin pengamanan kegiatan Ibadah Kenaikan Isa Almasih di Gereja tersebut.

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H., mengungkapkan, pihaknya bersama Kapolresta bersinergi melaksanakan pengecekan pengamanan pelaksanaan Ibadah Peringatan Kenaikan Isa Almasih di beberapa Gereja di Kota Mojokerto. “Tidak hanya point pengamanan yang kami pantau namun protokol kesehatan juga menjadi atensi dalam pengecekan ini, karena ini (Prokes) sudah diinstruksikan oleh Pemerintah Pusat yang ditindaklanjuti Gubernur dan Walikota.

“Ternyata dalam pelaksanaan di lapangan, Pihak Gereja dan Jema’at Gereja telah menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Ibadah Peringatan Kenaikan Isa Almasih”, ungkapnya.

Abituren Akmil Angkatan 2000 ini, juga mengatakan, kegiatan pengamanan yang dilakukan TNI-Polri dan Unsur Pemda yang dibantu relawan atau Pam Swakarsa lainnya, merupakan salah satu upaya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi Umat Kristiani yang melaksanakan ibadah.

“Kebersamaan, kekompakan dan partisipasi aktif semua pihak sangat dibutuhkan dalam mewujudkan kondusifitas wilayah. Pun demikian dengan penanganan Covid-19, juga membutuhkan kesadaran, disiplin, dan sinergi semua pihak, salah satunya dengan mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan kegiatan”, tandasnya.

Pantauan di lapangan, usai meninjau kegiatan pengamanan di Gereja Allah Baik (GAB), Dandim 0815/Mojokerto bersama Kapolres Mojokerto Kota beserta rombongan bergeser menuju Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Imanuel, Jalan Ahmad Yani Nomor 1 Kota Mojokerto.

Masih pengamatan di lapangan, selain gereja-gereja di wilayah Kota Mojokerto, kegiatan pengamanan Ibadah Kenaikan Isa Almasih ini berlangsung di seluruh Gereja yang ada di Mojokerto Raya oleh unsur TNI-Polri, Satpol PP, Relawan dan Pam Swakarsa lainnya dan Security Gereja setempat.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments