Minggu, April 28, 2024
BerandaIndexTNI & POLRITerabas Hujan, Kapolresta Sidoarjo Cek Kesiapan TPS di Pelosok Sidoarjo Gunakan Perahu

Terabas Hujan, Kapolresta Sidoarjo Cek Kesiapan TPS di Pelosok Sidoarjo Gunakan Perahu

SIDOARJO, Xtimenews.com – Di akhir masa tenang menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Sidoarjo besok, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji berkunjung ke tiga wilayah terpencil yang berada di pinggiran Sidoarjo.

Meskipun kondisi hujan tujuan berkunjung ke tiga wilayah pelosok Sidoarjo harus tetap terlaksana untuk memastikan bahwa Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam kondisi aman terkendali. Tiga wilayah tersebut adalah Dusun Ketingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Dusun Kalikajang dan Dusun Pucukan, Desa Gebang, Kecamatan Sidoarjo Kota.

Ketiga desa itu berjarak sekira 35 km dari pusat kota dan merupakan daerah rawan, maka pihak Polresta Sidoarjo menurunkan perwira pengawas khusus di tiga desa tersebut.

Mengendarai motor trail dan melewati pematang tambak, Kapolresta Sumardji bersama jajaran menuju Dusun Kepetingan. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Desa Sawohan untuk sampai di Dusun Kepetingan.

“Rutenya luar biasa sulit. Kalau kita tidak konsentrasi kita bisa tergelincir jatuh ke tambak. Tadi hujan juga kita terabas. Tapi ini bukan masalah. Semuanya kita jalani untuk memastikan jalanya pemungutan suara di Kabupaten Sidoarjo berjalan lancar, termasuk di daerah terpencil,” tutur Sumardji,” Selasa (8/12/2020) sore.

Di Dusun Kepetingan terdapat 243 daftar pemilih tetap (DPT). Pelaksanaan ‘coblosan’ dilaksanakan di balai dusun setempat.

Dari Dusun Kepetingan, Kapolresta beserta rombongan menggunakan perahu menuju Dusun Kalikajang Desa Gebang. Dibutuhkan waktu lebih dari 1,5 jam untuk mencapai dusun terpencil di Sidoarjo bagian Timur ini. Di Dusun Kalikajang terdapat 255 pemilih, sedangkan Dusun Pucukan terdapat 150 pemilih.

“Di tiga daerah terpencil ini, kami menempatkan satu anggota dan satu perwira pengawas. Sehari sebelum pemilihan anggota sudah berada di lokasi. Mereka bertugas mengawasi proses pemilihan, perhitungan suara sampai mengawal pengiriman surat suara ke desa setempat,” imbuh Kapolres.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Mujid yang ikut rombongan menegaskan bahwa persiapan pemilu kepala daerah tahun 2020 di tiga wilayah terpencil sudah siap.

“Semua panitia pemungutan suara di tiga wilayah tersebut telah menjalani rapid test dan semuanya non reaktif. Perlengkapan seperti surat suara, kotak suara dan perlengkapan penunjang lainnya telah siap untuk digunakan besok,” ujar Haidar.

Haidar menambahkan, setelah proses perhitungan suara selesai, sore harinya surat suara akan dikirim ke masing-masing desa dengan pengawalan petugas.(vin/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments