Senin, Mei 6, 2024
BerandaPemerintahanSinergitas Pemprov Jatim Dengan Pemkab Sidoarjo Bersihkan Sungai Buntung

Sinergitas Pemprov Jatim Dengan Pemkab Sidoarjo Bersihkan Sungai Buntung

SIDOARJO, Xtimenews.com – Sungai buntung yang terletak di bawah jembatan layang waru kondisinya sangat parah, dipenuhi dengan sampah baik tanaman eceng gondok maupun sampah rumah tangga.

Hal ini menjadi perhatian Pemprov Jatim serta Pemkab Sidoarjo, Selasa malam (21/1/2020) bersama BPBD, DLHK, TNI, POLRI Kabupaten Sidoarjo serta relawan bekerja sama membersihkan sungai buntung.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan “Tujuan aksi bersih sungai ini adalah antisipasi jika terjadi banjir, agar aliran sungai bisa normal, dan banjir tidak sampai ke juanda. Kita berharap bahwa akan ada konsolidasi secara continue di antara seluruh Kabupaten kota dan seluruh elemen strategis,” ucapnya.

Salah satu wujud sinergitas Pemprov Jatim dengan Pemkab Sidoarjo, Eskavator long hand milik Pemprov Jatim sengaja didatangkan di lokasi untuk memudahkan proses pembersihan.

Sedangkan, Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan bahwa “Program penertiban dan normalisasi sungai harus dilakukan juga diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Budaya membuang sampah di sungai harus dihentikan dengan dijalankanya Perda dan diperkuat dengan Perdes tentang sampah. Urai Plt Bupati Nur Ahmad Syaifuddin kepada Media.

Pembersihan akan dilakukan sampai sungai benar-benar bersih dan fungsi aliran air normal. Meskipun banyak kendala diantaranya banyak batang pohon besar yang menyumbat namun hal itu berhasil diatasi bersama relawan. (ain/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments