Kamis, Februari 29, 2024
BerandaPemerintahanBupati Sidoarjo Tekankan Agar Balita Penderita Omfalokel Segera Ditangani

Bupati Sidoarjo Tekankan Agar Balita Penderita Omfalokel Segera Ditangani

SIDOARJO, Xtimenews.com – Bocah malang bernama Achmad Rizal Kurdianto (2,5 th) yang didiagnosa menderita penyakit Omfalokel (penonjolan usus) mendapat perhatian Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat menyerahkan bantuan dana tunai kepada puluhan fakir miskin di Kantor Kecamatan Candi, Kamis, (24/10).

Siapapun yang melihat kondisi Rizal akan merasa iba, balita yang belum genap 3 tahun tersebut harus menahan rasa sakit setiap hari. Dengan kondisinya sekarang, pihak keluarga maupun pihak pemerintah desa sudah mengupayakan agar Rizal mendapat penanganan medis lewat operasi.

Putra dari Eny Sovia (35) warga Desa Kedensari RT. 12 RW. 5 Kecamatan Tanggulangin tersebut menderita Omfalokel sejak lahir. Kondisi perut bagian bawah kiri Rizal tampak menyembul, karena ususnya menonjol keluar.

Dibantu Bidan Desa, Diah menjelaskan kepada Bupati Saiful Ilah bahwa penyakit Rizal merupakan bawaan dari lahir. Eni, Ibu dari Rizal dibantu Diah dan pemerintah desa Kedensari sudah membawa Rizal berobat ke Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya.

“Sudah kami bawa ke Rumah Sakit Dr. Soetomo dan akan dilakukan penanganan operasi, namun jadwal belum ditentukan, karena masih menunggu Rizal umur 3-4 tahun”, kata Diah kepada Bupati Saiful Ilah.

Usai berbincang langsung dengan orang tua Rizal dan mendapat penjelasan dari Diah Bidan Desa Kedensari, Bupati Saiful Ilah berjanji akan mengupayakan pengobatan Rizal bisa segera tertangani. Pihaknya akan koordinasi dengan RSUD Sidoarjo mengenai penyakit yang diderita Rizal.

“Bila memungkinkan untuk dilakukan operasi di RSUD Sidoarjo, akan kita upayakan secepatnya dilakukan operasi, tentunya harus mendapat persetujuan dari orang tuanya”, ujar Abah Ipul.

Abah Ipul berpesan agar orang tua Rizal bersabar, karena pemkab Sidoarjo akan mengupayakan bantuan, baik bantuan pengobatan maupun bantuan santunan dana.

Pada kesempatan itu, orang tua Rizal mendapat bantuan uang tunai sebesar 2,5 juta rupiah. Bantuan tersebut diambilkan dari dana BAZ (Badan Amil Zakat) Kabupaten Sidoarjo.

Selain Rizal, puluhan keluarga fakir miskin yang berasal dari 6 kecamatan juga mendapat santunan dari BAZ. Diantarannya adalah kecamatan Candi, Buduran, Tulangan, Wonoayu, Sukodono dan Tanggulangin. Mereka rata- rata mendapat santunan 700 ribu rupiah. (ain/den/gan).

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments