Selasa, Mei 7, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIJelang Pilkades Koramil 12/Ngoro Bekali Linmas Desa Wotanmas Jedong

Jelang Pilkades Koramil 12/Ngoro Bekali Linmas Desa Wotanmas Jedong

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto melalui Bati Tuud Pelda Dwi Handoko memberikan materi wawasan kebangsaan bagi anggota Satuan Perlindungaan Masyarakat (Satlinmas) Desa Wotanmas Jedong, Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (28/09/2019) malam.

Kegiatan bertajuk Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan dan Ketertiban diselenggarakan Pemerintah Desa Wotanmas Jedong berlangsung di Balai Desa setempat. Acara dibuka oleh Ketua BPD, Suarman serta dihadiri Plt. Kades Wotanmas Jedong, Jumadi, Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa, anggota BPD, Danton Linmas beserta anggota.

“Keberadaan Satlinmas memiliki peran strategis yang tidak hanya berorientasi pada Kamtibmas, namun sebagai garda terdepan dalam memberikan bantuan keselamatan jika terjadi bencana alam,” demikian diungkapkan Bati Tuud Koramil 0815/12 Ngoro Pelda Dwi Handoko saat mengawali materinya.

Lebih lanjut Pelda Dwi Handoko menjelaskan, Satuan Linmas memiliki peran penting sebagai mitra TNI- Polri dalam setiap pengamanan, untuk itu diharapkan Linmas dapat menjadi pelopor terciptanya keamanan, ketentraman dan ketertiban di masyarakat serta meningkatkan fungsi Siskamling.

Dipaparkannya terkait fungsi Linmas diantaranya, memberikan perbantuan kepada Pemda, Kepolisian dalam memelihara ketenteraman dan ketertiban umum, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

“Tugas Satuan Linmas, antara lain, membantu dalam penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Pelda Dwi Handoko juga menyinggung tentang bela negara yang merupakan hak dan kwajiban seluruh warga negara, sebagaimana diatur dalam pasal 27 ayat (3) dan pasal 30 ayat (1) dan (2) UUD 1945. Tujuan dari bela negara diantaranya menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Dalam kehidupan sehari-hari, bela negara bisa diterapkan dengan menciptakan suasana rukun, damai, harmonis dalam keluarga dan lingkungan masyarakat, menjaga keamanan lingkungan secara bersama-sama, mentaati peraturan hukum dan lain-lain. Hal ini sudah dilakukan oleh masyarakat termasuk Linmas,” tutupnya.

Selain Bati Tuud Koramil Ngoro, pada kegiatan tersebut juga dihadirkan Kanit Bimas Polsek Ngoro Iptu Sumardi, SH., untuk memberikan pembekalan peran Linmas dihadapkan dengan pelaksanaan Pilkades Serentak.

Sementara, Ketua BPD Wotanmas Jedong, Suarman, di awal acara kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan dan Ketertiban sengaja digelar Pemerintah Desa Wotanmas Jedong dengan tujuan untuk membekali seluruh anggota Linmas guna meningkatkan kesiapan Satlinmas dalam menghadapi Pilkades serentak, 23 Oktober mendatang.

“Pihaknya sengaja menghadirkan pemateri dari Polsek dan Koramil untuk memberikan pencerahan dan pembekalan bagi Satlinmas Desa Wotanmas Jedong,” ujarnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments