Jumat, Maret 1, 2024
BerandaPemerintahanKwarcab Sidoarjo Gelar Orientasi Pimpinan Saka

Kwarcab Sidoarjo Gelar Orientasi Pimpinan Saka

SIDOARJO, Xtimenews.com – Untuk membekali para kader pramuka tentang ilmu kepemimpinan, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Sidoarjo menggelar Orientasi Pimpinan Satuan Karya (Saka) Tahun 2019 yang dibuka oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH selaku Ketua Kwarcab Sidoarjo didampingi Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho berlangsung di Aula Mapolresta Sidoarjo, Selasa (24/9).

Orientasi yang diprakarsai oleh Kwartir Cabang Sidoarjo ini di ikuti oleh Sepuluh Satuan Karya (Saka) yakni Saka Taruna Bumi, Bahari, Dirgantara, Bhakti Husada, Keluarga Bencana, Wana bhakti, Wira Kartika, Widya Bhakti, Pandu Wisata,dan Kalpataru yang berasal dari Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo.

Nur Ahmad Syaifuddin Ka Kwarcab Sidoarjo mengapresiasi dan mengatakan “bahwa Pramuka tidak saja sebagai gerakan yang mampu melahirkan kader pemimpin yang tangguh, kreatif dan berdaya saing. Lebih daripada itu, kader Pramuka dibekali tentang prinsip prinsip hidup sebagaimana tertulis dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka”.kata Kak Nur sapaan pramuka.

Kak Nur “berpesan kepada seluruh pimpinan saka dan juga semua anggota pramuka agar mempunyai jiwa nasionalisme tinggi untuk NKRI, Sekolah-sekolah di Sidoarjo juga mewajibkan kegiatan kepramukaan, karena pramuka dinilai sangat penting dalam hal kemandirian dan menumbuhkan nilai nasionalisme NKRI kepada para pelajar sebagai generasi masa depan”.Tuturnya.

Hal ini senada disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, “mengatakan agar para anggota pramuka dapat menyalurkan nilai – nilai kepemimpinan berkarakter dan rasa nasionalis kepada masyarakat luas. Dan juga menciptakan generasi muda yang sehat yang terjauhkan dari hal-hal yang dapat merusak masa depan.

Imbuhnya , Berpesan “ agar Pramuka menjadi sebuah Lembaga yang netral, dalam arti tidak terikut campurkan hal-hal politik, menjauhi gerakan radikalisme dan menjauhi penyalahgunaan narkoba dan ikut serta dalam pengawasan dari penyalahgunaan narkoba sebab kebanyakan para anggota pramuka adalah kaum milenial/remaja”.Tutupnya . (ain/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments