Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIPolres Banggai Polda Sulteng Gelar Ops Bina Kusuma 2019

Polres Banggai Polda Sulteng Gelar Ops Bina Kusuma 2019

LUWUK BANGGAI, Xtimenews.com – Kasat Binmas Polres Banggai AKP Zainuddin, minta kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Luwuk untuk tidak mendekati narkoba atau obat terlarang lainnya, karena benda haram itu bisa merusak masa depan. Adik-adik adalah harapan orang tua dan sebagai generasi penerus bangsa. Jangan rusak masa depan, patuhi perintah dan nasehat orang tua dan guru.

Kasat Binmas Polres Banggai menyampaikan hal tersebut ketika memimpin gelar Ops “Bina Kusuma” 2019 Polres Banggai di SMAN 1 Luwuk pada Jumat (13/9) pagi.

Dikatakan, selain narkoba, para siswa juga harus berusaha menghindari tawuran dan balapan liar dijalan karena hal itu tidak mencerminkan perilaku seorang terpelajar.

“Hindari tawuran dan balapan liar serta ngebut-ngebutan di jalan raya karena bisa menimbulkan kerugian diri sendiri dan orang lain,” jelasnya.

SMAN 1 Luwuk, katanya, merupakan salah satu sekolah unggulan di Kota Luwuk sehingga banyak pelajar yang ingin sekolah di SMAN 1 Luwuk. Karenanya, para siswa jangan melakukan tindakan tercela guna menjaga nama baik dan citra SMAN 1 Luwuk. “jangan jatuhkan nama baik sekolahmu. Jangan kecewakan orang tuamu yang sudah berusaha untuk membiayai di sekolah favorit ini, “kata Kasat Binmas.

Hadir dalam kegiatan ini Kasat Sabhara Iptu Nyoman Dunia, Kasubbag Dalops AKP Uin Susube, Kepala SMAN 1 Luwuk Failka Alsan bersama dewan guru.

Usai pemberian penyuluhan dilanjutkan dengan pemeriksaan Hand Phone (HP) dan sepeda motor milik siswa, namun tak ditemukan adanya barang terlarang berupa narkoba atau obat terlarang lainnya maupun konten seronok di HP para siswa.

Sebelumnya, Kapolres Banggai AKBP H. Moch. Sholeh, saat memimpin gelar Lat Pra Ops “Bina Kusuma” 2019, pada Kamis (12/9) di aula Polres Banggai kompleks perkantoran “Bukit Halimun” Kelurahan Tanjung Tuwis Kecamatan Luwuk Selatan, menekankan agar peserta lat pra ops benar-benar dapat mengerti dan memahami isi semua paparan sehingga saat melakukan tugas di lapangan dapat melaksanakan tugas masing-masing dengan baik.

Menurut Kapolres, Ops “Bina Kusuma” 2019 Polres Banggai dengan tema “Dengan lat pra ops “Bina Kusuma” 2019, dapat meningkatkan kerjasama fungsional dan profesional Polri di lapangan” bertujuan agar kondisi Kamtibmas tetap aman dan kondusif serta mengurangi tingkat kriminalitas disebabkan adanya perilaku premanisme dan kenakalan remaja serta aksi kejahatan lainnya.

“Jika melakukan sosialisasi dan penyuluhan di sekolah, arahkan siswa untuk tidak terjerumus dalam kenakalan remaja seperti tawuran, pesta miras atau narkoba yang dapat merusak masa depan generasi muda,” tegasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 14 hari mulai 13 hingga 26 September 2019 dan melibatkan unsur Dinas Sosial, Satpol PP, dan Subden POM tersebut mengedepankan pembinaan dan pesan-pesan Kamtibmas namun juga akan melakukan penindakan hukum jika ditemukan suatu pelanggaran yang dapat mengganggu Kamtibmas.

“lakukan ops secara maksimal dan all out namun jangan arogan. Lakukan senyum, sapa dan salam serta ajak warga menciptakan kenyamanan keamanan di lingkungan masing-masing,” tandasnya. (hm. basri/khairuddin/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments