Selasa, Mei 7, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBabinsa Pohkecik Koramil 0815/14 Dlanggu Dampingi Poktan Tanam Jagung

Babinsa Pohkecik Koramil 0815/14 Dlanggu Dampingi Poktan Tanam Jagung

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan merupakan salah satu upaya TNI/TNI AD untuk membantu meningkatkan produksi pangan sekaligus mewujudkan swasembada pangan di wilayah sesuai yang diprogramkan pemerintah.

Untuk mewujudkan kondisi tersebut (swasembada pangan), Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815 Mojokerto, Kopda I Kadek Warnata, melakukan pendampingan terhadap petani saat tanam jagung di Dusun Pohkecik, Desa, Pohkecik, Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (07/09/2019).

Saat di lokasi, Babinsa Pohkecik, Kopda I Kadek Warnata, aktivitas tanam benih jagung Varietas Hibrida Bisi 226 ini berlangsung di lahan seluas 5.000 meter2 atau 0,5 hektar, milik Ali Shodikin, Anggota Poktan Tani Jaya I, Dusun/Desa Pohkecik.

Tampak di lokasi, Ketua Poktan Tani Jaya I, Rustam Efendi, turut serta menanam benih jagung bersama sejumlah petani dengan didampingi Babinsa dan PPL setempat

Suasana kebersamaan dan gotong royong terlihat saat sebagian petani membuat lubang tanam menggunakan gejig (alat untuk membuat lubang tanam) sementara petani lainnya memasukan benih jagung pada lubang tanam yang telah disiapkan.

Untuk diketahui, selain padi, tanaman jagung (jagung) dan kedele merupakan dua komoditas pangan yang banyak ditanam para petani di wilayah Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Ketiga komoditas tersebut lebih populer dengan sebutan Pajale yang merupakan singkatan dari padi, jagung dan kedele.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments